PEMBINAAN
DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU
BIMBINGAN
TEKNIS MANAJEMEN PROFESIONALISME GURU
KEGIATAN
8
ANALISIS
HASIL PK GURU
NAMA
:
_____________________________
NO
PESERTA : _____________________________
INSTANSI : _________________________
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BADAN PENGEMBANGAN
SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN
PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
2012
Kegiatan 8 : Analisis Hasil PK Guru
Tujuan : Peserta mampu menganalisis hasil PK Guru berdasarkan
catatan pengamatan yang telah disediakan.
Waktu :
2 x 45 menit
Bahan : Catatan
hasil pengamatan dan
penilaian indikator kinerja guru
Kegiatan
8
: Latihan ini
difokuskan untuk menganalisis hasil pengamatan dan butir penilaian
indikator kinerja guru pada Dimensi Tugas Utama II
Petunjuk Kegiatan Peserta:
1.
Secara
individu cermati catatan pengamatan dan penilaian yang telah disediakan untuk Dimensi Tugas Utama II.
2.
Lengkapilah lembar cacatan pengamatan pada kolom nomor butir penilaian indikator.
3.
Diskusikan
dalam kelompok untuk menetapkan mana catatan pengamatan yang merupakan fakta.
4.
Bandingkan
hasil penilaian yang
ditetapkan untuk setiap butir penilaian indikator
kinerja dengan bukti
dalam catatan pengamatan apakah hasil pengamatan sesuai dengan hasil penilaian.
5.
Untuk
memperkuat jawaban pertanyaan no.2, pada setiap pernyataan indikator, tetapkan nomor bukti catatan pengamatan yang sesuai
dari hasil pengamatan yang tersedia pada kolom Kesesuaian Skor.
6.
Diskusikan
hasil latihan dalam
kelompok.
Petunjuk Kegiatan Fasilitator:
1.
Memberikan
kesempatan peserta secara individu untuk mencermati catatan pengamatan
kompetensi 6 apakah
semua sudah menunjukkan fakta. (10 menit)
2.
Memberikan
kesempatan peserta mendiskusikan hasil kerja individu untuk mengidentifikasi
fakta dan bukan fakta pada catatan pengamatan.
3.
Mintalah
peserta untuk melakukan analisis apakah catatan
pengamatan sudah sesuai dengan hasil penilaian yang telah tersedia.
4.
Untuk
memperkuat hasil analisis, peserta diminta untuk mengisi lembar verifikasi kesesuaian antara catatan
fakta dengan hasil penilaian.
5.
Memberikan
kesempatan kepada peserta untuk mendiskusikan dalam kelompok hasil pengamatan
yang diperoleh secara individu.
CATATAN
PENGAMATAN
Dimensi II :
Pembelajaran yang aktif dan efektif
Nama Guru : Salmah
Nama Penilai : Baharudin
Selama Pengamatan
Tanggal
|
20 November 2011
|
Nomor
Butir Penilaian
Indikator
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
Silabus dan RPP, LKS, Lembar evaluasi
|
|
1. Guru mengucapkan
salam dan siswa menjawab salam
2. Guru menanyakan
kehadiran siswa (mengabsen)
3. Guru menanyakan
materi yang kemarin dibahas ...
(menanyakan pelajaran yang lalu, apa
tuas, apa saja yang kita pelajari kemarin?
4. Guru meminta siswa
mengangkat tangan
5. Guru menanyakan
bentuk-bentuk energi
6. Siswa menjawab
serentak
7. Guru mengucapkan
ulang jawaban siswa
8. Guru mengajukan
pertanyaan:
energi
listrik menjadi cahaya, apa contohnya?
energi
listrik menjadi energi gerak, apa contohnya?
energi listrik menjadi energi panas/kalor,
apa contohnya?
9. Guru menginformasikan
energi kinetik dan potensial
10. Guru mengajukan:
apa beda energi kinetik dan potensial, guru mengulang jawaban siswa
11. Guru mengajukan
pertanyaan :energi potensial, apa
rumusnya (guru menulis rumus Ep = mgh)
12. Guru menanyakan arti dari lambang pada
rumus Ep = mgh
apa E?, apa m?, apa g?
13. Guru menanyakan :kalau energi kinetik, apa rumusnya ( guru
menulis Ek = 1/2 mv2
14. Guru
menginformasikan materi yang akan dipelajari , yaitu :usaha
15. Guru
menginformasikan bahwa arti usaha berbeda
dalam sehari-hari dan dalam ilmu fisika
16. Guru mengajukan
pertanyaan:
apa
arti usaha dalam sehari hari, apa contohnya, untuk apa?
dalam fisika apa? guru menunjuk siswa
17. Guru mendorong
meja, lalu bertanya: " apa yang
saya lakukan?"
apa yang mempengaruhi saya mendorong
meja, meja bergerak.
18. Siswa membuka buku
19 Guru bertanya
kembali :dalam ilmu fisika apa yang dimaksud dengan usaha?
20. Guru
menjelaskan lambang usaha (W) = F x s
(siswa menjawab serentak)
apa w, apa s, apa F (siswa menjawab
serentak)
21. Guru menunjukkan
gambar orang yang mendorong dinding, sambil menjelaskan, apa dindingnya bergerak? apa dia melakukan usaha?
22. Guru :Jadi apa
usaha menurut fisika. org ini mendorong dinding, ada gaya?
23. Guru memperlihatkan
gambar orang mendorong dinding secara berame-rame
24. Guru
memperlihatkan gambar ... ia melakukan usaha, apa sama dengan ilmu fisika?
25.Guru menjelaskan
pengertian usaha dengan bantuan gambar
orang sedang menggendong
26. Guru meyakinkan
siswa tentang perbedaaan usaha dalam fisika dengan usaha dalam kehidupan
sehari-hari (klarifikasi)
27. Guru menyuruh siswa untuk membuka halaman 36 no 1
(membacakan soal)
28. Guru meminta siswa
menjawab soal
29. Siswa melihat buku , membedakan gambar
30. Guru memperlihatkan
alat neraca pegas
31, Guru mengajukan
pertanyaan: siapa yang tahu, alat ini untuk mengukur apa?
32. Guru mendemonstrasikan menarik benda
dengan neraca pegas, di samping
guru ada siswa berdiri mengamati
33. Guru melakukan pengukuran dengan menggunakan
penggaris
34. Guru menuliskan hasil pengukuran...W
-= 1 N s 14 cm jadi berapa usaha yang
dilakukan? apa satuannya?
35. Siswa serentak menjawab joule
36. Guru menginformasikan bahwa siswa
bekerja dalam kelp untuk mengerjakan soal
37. Siswa duduk berkelompok mengerjakan
soal
38. Guru menginstruksikan siswa untuk
diskusi
(kelompok siswa ada yang 5 orang dan ada yang 4 0rg)
39. Guru mengatur siswa untuk duduk
berkelompok
40. Guru berkeliling mendekati siswa
sambil mengatakan :"tulis nama kelompok"!
41. Guru
merespon siswa yang bertanya
42. Siswa mengerjakan soal sambil
bercanda, guru memperhatikan
43. Guru berkeliling dan mendekati satu kelompok, guru merespon siswa yang bertanya
44. Guru tampak memeriksa pekerjaan
siswa/berkomunikasi dengan kelompok siswa di depan, di tengah, di belakang
45. Guru meminta siswa mengumpulkan hasil
pekerjaannya
46. Guru meminta kelompok 1, memanggil nama siswa "Alfredo" untuk melaporkan hasil
pekerjaannya
47. Siswa (Alfredo) membacakan soal,
48. Guru mengajukan pertanyaan apa
contohnya menurut fisika
49. Guru meminta siswa lain untuk
menjawab soal berikutnya sambil memperingati siswa untuk memperhatikan
50 Siswa kedua membacakan soal 2
52. Guru memberi komentar, "betul
ya"
53. Guru meminta siswa 3, menulis jawaban
di papan tulis
54. Siswa menuliskan jawaban soal 3
diketahui:
F = 125 N, s= 80 m
ditanya: W ?
W = 125 N x 80 m = 10 000 joule
55. Siswa 4 menulis jawaban soal 4:
diketahui : amir : F = 50 N
danang: F = 60 N
jarak : S = 500 m
Ditnya
: .....w ?
jawab: W= F x s
W1 =
50 Nx 500 m = 25 000 joule
W2 = F x s
60 N x 500 m = 30 000 Joule
W total= 25 000 + 30 000 Joule
56. Guru menjelaskan hasil pekerjaaan
siswa, yang lain sudah betul? siswa menjawab serentak
57. Guru mengintruksikan kepada siswa
untuk mengerjakan soal pada hal 205...soal no....1 sd 4
58. Guru meminta siswa mempelajari pengertian tentang daya
(memberi tugas)
59 Guru mengucapkan salam
|
|
|
Tindak
lanjut yang diperlukan:
|
Dari hasil
catatan fakta-fakta di atas, hasil penilaian kinerja guru atas nama Salmah
sebagai berikut:
Indikator Penilaian Kinerja Guru
|
Butir
Penilaian Indikator
Kinerja
|
Hasil
Penilaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
Guru memulai pembelajaran dengan efektif
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
1
|
||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan
YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
2
|
||
2.
Guru menguasai materi pelajaran
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
2
|
||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan
YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
2
|
||
3.
Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang
efektif
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
6
|
||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan
YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
4
|
||
4.
Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam
pembelajaran
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
2
|
||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan
YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
3
|
||
5.
Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa
dalam pembelajaran
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
4
|
||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan
YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
4
|
||
6.
Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam
pembelajaran
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
1
|
||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan
YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
2
|
Lakukan
verifikasi kesesuaian antara catatan fakta dengan hasil penilaian dengan
mengisi tabel berikut:
Indikator
Penilaian Kinerja Guru
|
Butir Penilaian
Indikator
|
Kesesuaian Penilaian
|
|||
Nomor
Catatan Pengamatan
|
Alasan Penilaian
|
Hasil
Penilaian
|
Sesuai/ Tidak Sesuai
|
||
1.
Guru memulai pembelajaran dengan efektif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Guru menguasai materi pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang
efektif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa
dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. Guru
mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
a.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan
melibatkan siswa
|
|
|
|
|
b.
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan,
atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar