Halaman

Sabtu, 15 Desember 2012

ANALISIS PK GURU


PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU




BIMBINGAN TEKNIS MANAJEMEN PROFESIONALISME GURU

KEGIATAN 8
ANALISIS HASIL PK GURU

NAMA                : _____________________________
NO PESERTA  : _____________________________
INSTANSI                : _________________________





KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
2012

Kegiatan 8 :  Analisis Hasil PK Guru
Tujuan       : Peserta mampu menganalisis hasil PK Guru berdasarkan catatan pengamatan yang telah disediakan.

Waktu        :  2 x 45 menit

Bahan        : Catatan hasil pengamatan dan penilaian indikator kinerja guru

Kegiatan 8 : Latihan ini difokuskan untuk menganalisis hasil pengamatan dan  butir penilaian indikator  kinerja guru pada Dimensi Tugas Utama II

Petunjuk Kegiatan Peserta:
1.    Secara individu cermati catatan pengamatan dan penilaian yang telah disediakan untuk Dimensi Tugas Utama II.
2.    Lengkapilah lembar cacatan pengamatan pada kolom nomor butir penilaian indikator.
3.    Diskusikan dalam kelompok untuk menetapkan mana catatan pengamatan yang merupakan fakta.
4.    Bandingkan hasil penilaian yang ditetapkan untuk setiap butir penilaian indikator kinerja dengan bukti dalam catatan pengamatan apakah hasil pengamatan sesuai dengan hasil penilaian.
5.    Untuk memperkuat jawaban pertanyaan no.2, pada setiap pernyataan indikator, tetapkan nomor bukti catatan pengamatan yang sesuai dari hasil pengamatan yang tersedia pada kolom Kesesuaian Skor.
6.    Diskusikan hasil latihan dalam kelompok.

Petunjuk Kegiatan Fasilitator:
1.      Memberikan kesempatan peserta secara individu untuk mencermati catatan pengamatan kompetensi 6 apakah semua sudah menunjukkan fakta. (10 menit)
2.      Memberikan kesempatan peserta mendiskusikan hasil kerja individu untuk mengidentifikasi fakta dan bukan fakta pada catatan pengamatan.
3.      Mintalah peserta untuk melakukan analisis apakah catatan  pengamatan sudah sesuai dengan hasil penilaian yang telah tersedia.
4.      Untuk memperkuat hasil analisis, peserta diminta untuk mengisi  lembar verifikasi kesesuaian antara catatan fakta dengan hasil penilaian.
5.      Memberikan kesempatan kepada peserta untuk mendiskusikan dalam kelompok hasil pengamatan yang diperoleh secara individu.

CATATAN PENGAMATAN
Dimensi         II          : Pembelajaran yang aktif dan efektif
Nama Guru                 : Salmah
Nama Penilai              : Baharudin

Selama Pengamatan
Tanggal
20 November 2011
Nomor
Butir Penilaian
Indikator
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Silabus dan RPP, LKS, Lembar evaluasi
1. Guru mengucapkan salam dan siswa menjawab salam
2. Guru menanyakan kehadiran siswa (mengabsen)
3. Guru menanyakan materi yang kemarin dibahas ...
    (menanyakan pelajaran yang lalu, apa tuas, apa saja yang kita pelajari kemarin?
4. Guru meminta siswa mengangkat tangan
5. Guru menanyakan bentuk-bentuk energi
6. Siswa menjawab serentak
7. Guru mengucapkan ulang jawaban siswa
8. Guru mengajukan pertanyaan:
energi listrik menjadi cahaya, apa contohnya?
energi listrik menjadi energi gerak, apa contohnya?
energi listrik menjadi energi panas/kalor, apa contohnya?
9. Guru menginformasikan energi kinetik dan potensial
10. Guru mengajukan: apa beda energi kinetik dan potensial, guru mengulang jawaban siswa
11. Guru mengajukan pertanyaan :energi potensial, apa rumusnya (guru menulis rumus Ep = mgh)
12.  Guru menanyakan arti dari lambang pada rumus Ep = mgh
     apa E?, apa m?, apa g?
13. Guru menanyakan :kalau energi kinetik, apa rumusnya ( guru menulis Ek = 1/2 mv2
14. Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari , yaitu :usaha
15. Guru menginformasikan bahwa  arti usaha berbeda dalam sehari-hari dan dalam ilmu fisika
16. Guru mengajukan pertanyaan:
     apa arti usaha dalam sehari hari, apa contohnya, untuk apa?
      dalam fisika apa? guru menunjuk siswa
17. Guru mendorong meja, lalu bertanya: " apa yang saya lakukan?"
      apa yang mempengaruhi saya mendorong meja, meja bergerak.
18. Siswa  membuka buku
19 Guru bertanya kembali :dalam ilmu fisika apa yang dimaksud dengan usaha?
20. Guru menjelaskan  lambang usaha (W) = F x s (siswa menjawab serentak)
      apa w, apa s, apa F (siswa menjawab serentak)
21. Guru menunjukkan gambar orang yang mendorong dinding, sambil menjelaskan, apa dindingnya   bergerak? apa dia melakukan usaha?
22. Guru :Jadi apa usaha menurut fisika. org ini mendorong dinding, ada gaya?
23. Guru memperlihatkan gambar orang mendorong dinding secara berame-rame
24. Guru memperlihatkan gambar ... ia melakukan usaha, apa sama dengan ilmu fisika?
25.Guru menjelaskan pengertian usaha dengan bantuan  gambar orang sedang menggendong
26. Guru meyakinkan siswa tentang perbedaaan usaha dalam fisika dengan usaha dalam kehidupan sehari-hari (klarifikasi)
27. Guru menyuruh  siswa untuk membuka halaman 36 no 1 (membacakan soal)
28. Guru meminta siswa menjawab soal
29.  Siswa melihat buku , membedakan gambar
30. Guru memperlihatkan alat neraca pegas
31, Guru mengajukan pertanyaan: siapa yang tahu, alat ini untuk mengukur apa? 
32. Guru mendemonstrasikan menarik benda dengan neraca pegas, di samping guru ada siswa berdiri mengamati
 33.  Guru melakukan pengukuran dengan menggunakan penggaris
34. Guru menuliskan hasil pengukuran...W -= 1 N  s 14 cm jadi berapa usaha yang dilakukan? apa satuannya?
35. Siswa serentak      menjawab joule
36. Guru menginformasikan bahwa siswa bekerja dalam kelp untuk mengerjakan soal
37. Siswa duduk berkelompok mengerjakan soal
38. Guru menginstruksikan siswa untuk diskusi
     (kelompok siswa ada yang 5 orang dan ada yang 4 0rg)
39. Guru mengatur siswa untuk duduk berkelompok
40. Guru berkeliling mendekati siswa sambil mengatakan :"tulis nama kelompok"!
41. Guru  merespon siswa yang bertanya
42. Siswa mengerjakan soal sambil bercanda, guru memperhatikan
43. Guru berkeliling dan mendekati satu kelompok, guru merespon siswa yang bertanya
44. Guru tampak memeriksa pekerjaan siswa/berkomunikasi dengan kelompok siswa di depan, di tengah, di belakang
45. Guru meminta siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya
46. Guru meminta kelompok 1, memanggil nama siswa "Alfredo" untuk melaporkan hasil pekerjaannya
47. Siswa (Alfredo) membacakan soal,
48. Guru mengajukan pertanyaan apa contohnya menurut fisika
49. Guru meminta siswa lain untuk menjawab soal berikutnya sambil memperingati siswa untuk memperhatikan
50  Siswa kedua membacakan soal 2
52. Guru memberi komentar, "betul ya"
53. Guru meminta siswa 3, menulis jawaban di papan tulis
54. Siswa menuliskan jawaban soal 3
diketahui:
 F = 125 N, s= 80 m
ditanya: W ?
W = 125 N x 80 m = 10 000 joule
55. Siswa 4 menulis jawaban soal 4:
diketahui : amir : F = 50 N
danang: F = 60 N
jarak : S = 500 m
Ditnya   : .....w ?
jawab:  W= F x s
W1 =  50 Nx 500 m = 25 000 joule
W2 = F x s
           60 N x 500 m = 30 000 Joule
W total=  25 000 + 30 000 Joule
56. Guru menjelaskan hasil pekerjaaan siswa, yang lain sudah betul? siswa menjawab serentak
57. Guru mengintruksikan kepada siswa untuk mengerjakan soal pada hal 205...soal no....1 sd 4
 58. Guru meminta siswa mempelajari pengertian tentang daya (memberi tugas)
59 Guru mengucapkan salam



Tindak lanjut yang diperlukan:
  1. Perlu melihat tugas yang diberikan minggu sebelumnya
  2. Memperbaiki LKS

Dari hasil catatan fakta-fakta di atas, hasil penilaian kinerja guru atas nama Salmah sebagai berikut:
Indikator Penilaian Kinerja Guru
Butir Penilaian Indikator Kinerja
Hasil Penilaian
Ya
Tidak
1.    Guru memulai pembelajaran dengan efektif
  1. Melakukan apersepsi

  1. Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan

Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja
1
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
2
2.    Guru menguasai materi pelajaran
  1. Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.

  1. Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata .

  1. Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.

  1. Kemampuan menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)

Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja
2
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

2
3.    Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
  1. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai

  1. Melaksanakan pembelajaran secara runtut

  1. Menguasai kelas

  1. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual

  1. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)

  1. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan

Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja
6
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
4.    Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran

  1. Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran

  1. Menghasilkan pesan yang menarik

  1. Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran

Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja
2
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
3
5.    Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
  1. Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar

  1. Merespon positif partisipasi siswa

  1. Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa

  1. Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif

  1. Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar

Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja
4
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4
6.    Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran

  1. Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar

  1. Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar

  1. Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai

Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja
1
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
2

Lakukan verifikasi kesesuaian antara catatan fakta dengan hasil penilaian dengan mengisi  tabel berikut:
Indikator Penilaian Kinerja Guru
Butir Penilaian Indikator
Kesesuaian Penilaian
Nomor Catatan Pengamatan
Alasan Penilaian
Hasil Penilaian
Sesuai/ Tidak Sesuai
1.    Guru memulai pembelajaran dengan efektif
  1. Melakukan apersepsi




  1. Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan






2.    Guru menguasai materi pelajaran
  1. Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.




  1. Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata .




  1. Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.




  1. Kemampuan menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)




3.    Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
  1. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai




  1. Melaksanakan pembelajaran secara runtut




  1. Menguasai kelas




  1. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual




  1. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)




  1. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan




4.    Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran

  1. Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran




  1. Menghasilkan pesan yang menarik




  1. Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran




5.    Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
  1. Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar




  1. Merespon positif partisipasi siswa




  1. Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa




  1. Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif




  1. Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar




6.    Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran

  1. Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar




  1. Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar




  1. Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai




7. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
a.      Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa




b.      Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan















Tidak ada komentar:

Posting Komentar